PENGUKURAN USABILITY UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PENERIMAAN WEBSITE LEARNING OBJECT DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

  • Mohammad Bhanu Setyawan Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Keywords: learning object, usabiilty, partial least square.

Abstract

Learning Obyek berisi tentang fitur pendidikan yang bertujuan untuk memberikan informasi dan
layanan tentang sebuah portal pembelajaran kepada pengguna. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan dari
website learning obyek maka perlu dilakukan evaluasi usability untuk mengetahui tingkat learnability, efficiency,
memorability,error dan satisfaction ketika menggunakannya. Website learning obyek Universitas
Muhammadiyah Ponorogo memungkinkan untuk dikunjungi oleh beragam orang dengan latar belakang yang
berbeda-beda, sehingga perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat learnability, efficiency,
memorability,error dan satisfaction pengguna ketika menggunakan website. Masalah dalam penelitian ini
adalah mengetahui tingkat usability dan penerimaan website learning object di fakultas teknik Universitas
Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian dilkukan dengan menggunakan kuisioner sebagai instrument penelitian.
Kuesioner penelitian tterdiri dari 44 pertanyaan yang dikelompokkan menjadi lima variabel usability, yaitu
learnability, efficiency, memorability,error dan satisfaction. Alat analisis yang digunakan adalah Partial Least
Square (PLS) pada program SmartPLS versi 2.0. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diolah. diperoleh
hasil bahwa dari lima variabel usability yang digunakan pada kuesioner, terdapat tiga variabel yang signifikan
dan bernilai positif yang mempengaruhi tingkat usability dalam penggunaan aplikasi website learning object.
tiga variable yang memenuhi syarat usability yaitu learnability, efficiency dan memorability.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-03