Analisa Rekayasa Nilai Desain Struktur Sarung Untuk Memenuhi Selera Konsumen

  • Kiswandono Kiswandono Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sony Hariyanto Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Rekayasa nilai, desain struktur kain sarung, selera konsumen

Abstract

Dalam meningkatkan mutu hasil produksi kain tenun banyak faktor yang harus di perhatikan agara mempunya kualitas yang baik. Begitu pula hal nya dengan kain sarung selain motif nya desain struktur yang di utamakan, faktor yang harus di perhatikan adalah karakteristik,pemilihan model dan ukuran, mengingat tingkat selera konsumen berbeda-beda. Selera identik dengan keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut. Rekayasa nilai adalah suatu teknik atau metode pengendalian biaya dengan menganalisa nilai terhadap fungsi nya dengan kata lain rekayasa nilai bermaksud menghasilkan suatu yang optimalbagi sejumlah uang yang di keluarkan. Penerapan rekayasa nilai adalah suatu untuk menyelesaikan masalah. Tahap – tahap yang di lakukan dalam rencana kerja penerapan metoder rekayasa nilai terdiri dari 5 tahap yaitu : tahap informasi,tahap kreatif,tahap analisa,tahap pengembangan, dan tahap presentasi. Berdasarkan hasil analisa dan perhitungan yang di lakukan dengan rekayasa nilai di peroleh 3 alternastif : harga, model,kombinasi warna, estetika dan kualitas bahan. Adapun hasil analisa alternatif desain produk sarung tenun adalah alternatif desain awal yang mempunyai performance terbesar yang di pertimbangkan untuk di produksi dalam jumlah yang besar dengan biaya bahan dan harga jual produk adalah Rp 151.800

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-02