Upaya Perlindungan Kualitas Hidup Konsumen Melalui Studi Penerapan HACCP Pada Penyediaan Pangan Di Kantin Rumah Sakit

  • Nuzulia Khoiriyah Teknik Industri, Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Wiwiek Fatmawati Teknik Industri, Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Keywords: HACCP, kontaminasi, Kantin Rumah Sakit

Abstract

Kantin rumah sakit merupakan salah satu fasilitas layanan yang diberikan kepada pengunjung baik yang terdaftar sebagai pasien rawat jalan maupun pengunjung biasa dalam rangka pemenuhan kebutuhan pangan. Higienitas pangan di kantin Rumah sakit menjadi kebutuhan mutlak untuk menghindari terjadinya kontaminasi baik yang berbentuk kimia, fisika maupun biologi yang dapat membahayakan kesehatan konsumen. Tidak semua kantin rumah sakit dikelola langsung oleh manajemen rumah sakit. Kantin yang dikelola pihak luar memiliki kemungkinan tidak mengikuti kaidah baku mutu penyediaan pangan sehingga kontaminasi produk pangan dapat terjadi. Studi penerapan HACCP dalam upaya perlindungan konsumen dilakukan pada kantin rumah sakit yang tidak dikelola langsung oleh pihak rumah sakit. Lima dari tujuh prinsip HACCP digunakan dalam penelitian ini. Wawancara dan observasi secara langsung dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses pengolahan dan penyajian produk pangan. Pengambilan sampel untuk uji laboratorium terdiri dari sampel makanan dan minuman yang dijual, usap alat makan, usap tangan penjual, air bersih, air cucian alat makan. Hasil pengujian laboratorium menunjukkan : kontaminsi timbal ditemukan pada bahan pangan berbahan ikan laut, kontaminasi bakteri : E. Coli pada beberapa produk pangan, bakteri coliform pada air kran dan air cucian, bakteri staphylococcus aureus pada tangan penjual. Titik kritis dijumpai pada tiap langkah penyediaan produk pangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-03