Studi Perbandingan Daya Mesin Motor Bakar Torak 4 Langkah Tipe KD250AT Menggunakan Bahan Bakar Bensin dan Setelah Dimodifikasi Menjadi Berbahan Bakar Gas (LPG)

  • Joko Sarsetiyanto Departemen Teknik Mesin Industri - Fakultas Vokasi - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  • Denny ME Soedjono Departemen Teknik Mesin Industri - Fakultas Vokasi - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  • Heru Mirmanto Departemen Teknik Mesin Industri - Fakultas Vokasi - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  • Dedy Z Noor Departemen Teknik Mesin Industri - Fakultas Vokasi - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Keywords: bahan bakar gas,modifikasi sistim bahan bakar dan nozzle

Abstract

Semakin menipisnya cadangan minyak dunia maka kebutuhan akan pengganti bahan bakar minyak
pada motor bakar juga semakin meningkat. Satu dari solusi alternatif ialah menggunakan bahan bakar gas
(LPG:Liqufied Petroleum Gas). Agar dapat menggunakan bahan bakar LPG, motor berbahan bakar bensin
harus dilakukan modifikasi. Bagian utama yang harus dimodifikasi adalah sistim bahan bakarnya. Pada sistim
bahan bakar tersebut yang harus diubah adalah diameter saluran bahan bakar (nozzle) dan penempatan serta
cara memasukkannya ke dalam silinder. Diameter noozle harus dapat menginjeksikan massa bahan bakar yang
sesuai dengan beban mesin. Penempatannya harus bisa menghasilkan pencampuran udara-bahan bakar yang
homogen. Rancangan penempatan nozzle diperoleh dengan simulasi numeric denagn sofwere CFD Fluent 6.2.
Modifikasi telah dilakukan terhadap mesin 4 langkah 1 silinder KD250AT yang digunakan seagai penggerak
suatu mobil off road produksi lokal. Mesin tersebut berbahan bakar bensin, lalu diubah menjadi sistim injeksi
LPG. Dari hasil perhitungan teoritis, saat menggunakan LPG, pada putaran mesin 5800 rpm diperoleh daya
keluaran sebesar 13,38 hp. Sedangkan pada saat diuji coba dengan dynamometer daya yang dihasilkan pada
putaran 5800 sebesar 12,5 hp. Hasil uji coba dengan bahan bakar bensin pada putaran 5800 rpm adalah
sebesar14 hp.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-03