PEMODELAN DAN PENGIMPLEMENTASIAN PERMAINAN CONNECT FOUR

  • Andrew Mahisa Halim Teknik Informatika, Universitas Pelita Harapan, Lippo Karawaci, Tangerang
  • Frederikus Judianto Teknik Informatika, Universitas Pelita Harapan, Lippo Karawaci, Tangerang
  • Samuel Lukas Teknik Informatika, Universitas Pelita Harapan, Lippo Karawaci, Tangerang
  • Petrus Widjaja Matematika, Universitas Pelita Harapan, Lippo Karawaci, Tangerang
Keywords: Connect Four, Sistem Cerdas, Algoritma Minimax, Alpha-Beta pruning.

Abstract

Permainan Connect Four adalah salah satu permainan logika yang menggunakan papan permainan. Connect Four dimainkan oleh dua pemain yang bergerak secara bergantian. Papan permaianan terdiri dari tujuh kolom dan enam baris. Setiap pemain memasukkan disk warnanya ke salah satu kolom dan disk akan menempati satu baris diatas disk yang telah ada di kolom itu. Pemain dikatakan menang apa bila ia telah menyusun empat disknya secara berurutan baik secara horisontal, vertikal ataupun diagonal. Paper ini membahas bagaimana memodelkan permaianan ini dan mengimplementasikan model permainan itu dengan menggunakan algoritma minimax dan alpha-beta pruning dari pohon pencarian dengan kedalaman satu hingga delapan. Diakhir bahasan juga akan diujikan dengan melawan sistem cerdas yang sudah ada. System mampu mengalahkan sistem cerdas lainnya lebih baik dengan kedalaman yang semakin tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-26