MOTIVASI PENGGUNAAN FACEBOOK DI KALANGAN MAHASISWA

  • R. Kristoforus Jawa Bendi Informatika, Universitas Katolik Musi Charitas
Keywords: Technology Acceptance Model, Motivational Model of Technology Behavior, facebook

Abstract

Social Network Service (SNS) menawarkan cara baru untuk berkomunikasi dan berbagi. Pesatnya perkembangan pengguna layanan ini, membuka peluang yang dapat dimanfaatkan secara positif. Semakin berkembangnya penggunaan SNS tidak terlepas dari sikap dan persepsi penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris faktor-faktor yang mendorong penggunaan facebook. Motivational Model of Technology Behavior (MMTB) yang dikembangkan dari Technology Acceptance Model (TAM), merupakan salah satu model yang dapat digunakan untuk melihat faktor-faktor yang memotivasi penggunaan teknologi. Karena itu penelitian ini juga dikembangkan dengan mengadopsi model tersebut untuk melihat motivasi penggunaan facebook di kalangan mahasiswa. Tiga konstruk utama yang digunakan digunakan sebagai prediktor intention to use (ITU), yaitu: perceived usefulness (PU), perceived ease of use (PEU), dan perceived enjoyment (PE). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara acak kepada 300 responden. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa PU dan PE menjadi prediktor ITU, dan PE menjadi prediktor PU dan PEU menjadi prediktor PE. Sedangkan PEU ditemukan tidak menjadi prediktor ITU maupun PU. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi penggunaan facebook oleh mahasiswa lebih dipengaruhi oleh manfaat (PU) dan kesenangan (PE) yang diperoleh.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-27