DESAIN PROGRAM SISTEM INFORMASI PENGADUAN MASYARAKAT PADA KECAMATAN KADEMANGAN TERINTEGRASI SMS GATEWAY

  • Wali ja'far Shudiq Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Teknologi Nurul Jadid
Keywords: Sistem Informasi, Waterfall, SMS Gateway, Pengaduan Masyarakat

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang penerapan sms gateway pada sistem informasi pengaduan masyarakat di kecamatan kademangan kota Probolinggo. Penerapan sistem informasi ini sangat penting mengingat informasi untuk masyarakat kademangan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, sebelumnya sistem pengaduan dilakukan secara manual yaitu memberikan lembar form pengaduan untuk diisi kemudian dikumpulkan. Dalam sistem informasi pengaduan ini juga akan terintegrasi dengan beberapa informasi seputar kegiatan dan agenda kecamatan kademangan termasuk jadwal penyaluran raskin, senam pagi, kerja bakti dan pengambilan berkas kartu keluarga, kartu tanda pengenal dan yang lain. Berdasarkan latar belakang pemikiran di atas dapat di identifikasi sebuah permasalahan yaitu bagaimana mendesain sebuah aplikasi pelayanan pengaduan masyarakat dan informasi yg bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sebagai mediasi di kecamatan Kademangan agar mempermudah pengolahan data, media yang digunakan adalah sms gateway karena aplikasi ini bisa digunakan tanpa harus tersambung internet, cukup dengan melakukan sms, sehingga semua masyarakat bisa melakukan pengaduan dan informasi pada kantor kecamatan kademangan. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan model waterfall sedangkan untuk metode pelitian menggunakan metode kualitatif. Dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa melayani masyarakat lebih baik dan membantu pihak kantor kecamatan terkait pengaduan masyarakat demi terciptanya pelayanan yang terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-27