OPTIMASI AUDIO WATERMARKING BERBASIS DISCRETE COSINE TRANSFORM DENGAN TEKNIK SINGULAR VALUE DECOMPOSITON MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA

  • Beatrix Sitompul Teknik Telekomunikasi, Telkom University
  • Fadliana Raekania Teknik Telekomunikasi, Telkom University
  • Gelar Budiman Teknik Telekomunikasi, Telkom University
Keywords: Audio Watermarking, Discrete Cosine Transform, Singular Value Decomposition, Cartesian Polar Transformation, Algoritma Genetika.

Abstract

Proses yang dilakukan untuk menyisipkan sebuah informasi di dalam konten digital disebut audio watermarking. Informasi tersebut dinamakan watermark. Watermark yang disisipkan dapat berupa gambar, suara, teks, dll. Tujuannya yaitu untuk menandakan kepemilikan atau hak cipta (copyright) suatu konten agar tidak dicuri oleh oknum tak bertanggungjawab. Dalam penelitian ini, proses watermarking dilakukan dengan basis Discrete Cosine Transform (DCT) dan metode Singular Value Decomposition (SVD). Koefisien penyisipan yang didapat dari proses SVD nantinya akan diubah ke dalam bentuk koordinat polar dengan Cartesian Polar Transform (CPT) agar kualitas watermark citra menjadi lebih baik. Seluruh tahap yang dilakukan saat penyisipan (embedding) kemudian dioptimasi dengan Algoritma Genetika, untuk mendapatkan nilai parameter yang paling optimal di setiap tahapnya. masih bisa terdeteksi). Nilai nilai tersebut menandakan bahwa watermark yang dihasilkan sudah baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-27