INOVASI DESAIN PRODUK KERAJINAN KHAS KALIMANTAN TIMUR SEBAGAI DAYA SAING MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) 2015 Alternatif Desain Produk Fesyen Berbahan Sarung Samarinda dan Ulap Doyo

  • Dita Andansari Jl. Dr. Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Lipan
  • Asrina Astagani Jl. Dr. Ciptomangunkusumo Kampus Gunung Lipan
Keywords: kansei words, sarung samarinda, ulap doyo, inovasi, produk fesyen

Abstract

Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah dimulai akhir tahun 2015, Indonesia
sebagai salah satu Negara ASEAN terlihat mempersiapkan MEA, Kalimantan Timur sebagai salah satu
provinsi di Indonesia tidak ketinggalan juga turut mempersiapkan diri untuk ikut meramaikan MEA. Salah satu
usahanya adalah mempersiapkan wirausaha baru dan meningkatkan daya saing SDM dari UKM-UKM yang
ada di wilayah Kalimantan Timur. Kerajinan Khas Kalimantan Timur adalah salah satu bidang yang
mempunyai kontribusi besar bagi peningkatan perekonomian daerah. Kerajinan adalah salah satu sektor
industri kreatif, dan industri kreatif di Indonesia rata-rata memberikan kontribusi PDB sebesar 6,3 persen dari
total PDB Nasional dengan nilai Rp. 104,6 triliun pada tahun 2002-2006. Namun demikian belum banyak
inovasi produk yang dilakukan oleh UKM Kerajinan di Kalimantan Timur. Belum ada usaha untuk melakukan
pengembangan produk yang didasarkan pada preferensi pelanggan produk kerajinan. Adapun Tujuan dari
penelitian adalah (1) Mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi preferensi pelanggan dalam memilih
sebuah produk serta kansei pelanggan terhadap produk kerajinan khas Kalimantan Timur. (2)Merancang
desain produk kerajinan berdasarkan karakteristik desain yang diperoleh dari hasil penelitian. Metode yang
digunakan adalah perancangan awal penelitian,pengumpulan kansei words,penyusunan kuesioner Semantik
Diferensial (SD),penyebaran kuesioner SD I,analisis statistika I, pengumpulan sampel produk dan pembuatan
alternative desain. Dari tahapan yang sudah dilakukan sampai dengan analisis statistika I, maka dapat
disimpulkan bahwa masyarakat mempunyai alasan utama membeli produk fesyen dari bahan sarung samarinda
karena warna cerah dan terlihat alami, masyarakat mempunyai alasan kedua karena bangga dan terlihat
modern sedangkan alasan ketiga karena alasan bentuk yang unik dan masih terihat tradisional,sedangkan
masyarakat mempunyai alasan utama membeli produk fesyen dari bahan ulap doyo karena unik, tradisional,
merah hitam, cerah dan alami, masyarakat mempunyai alasan kedua karena nyaman dan sederhana sedangkan
alasan ketiga karena alasan bagga dan alasan ke empat memilih produk karena menarik dan elegan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-25