ASSOCIATION RULE PADA POINT OF SALE SWALAYAN DENGAN MARKET BASKET ANALYSIS

  • Rofi Abul Hasani Program Pascasarjana Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
  • Indah Soesanti Program Pascasarjana Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
  • Silmi Fauziati Program Pascasarjana Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
Keywords: Market Basket Analysis, Association rule, support, confidence, Point of Sale .

Abstract

Market Basket Analysis merupakan salah satu association rule dari data mining, Asosiasi ini berfungsi untuk mengenali pola kebiasaan konsumen dalam melakukan belanja di sebuah swalayan. Kebiasaankebiasaan barang apa saja yang dibeli oleh seorang konsumen dari data transaksi, kemudian dengan association rule ini dapat diprediksi barang apa yang akan dibeli oleh konsumen berikutnya. Pada kenyataanya data transaksi swalayan bertambah dengan cepat dan fluktuatif sehingga diperlukan suatu metode analisis yang dapat mengikuti perubahan tersebut. Selama ini aplikasi data mining untuk Market Basket Analysis menghasilkan association rule yang bersifat statis . Sedangkan faktor kemajuan sebuah perusahaan adalah kemampuan dalam menganalisis pasar secara dinamis. Oleh sebab itu sebuah sistem Point of Sale swalayan dituntut untuk bisa mengelola data transaksi dan menghasislkan analisis yang tepat. Penelitian ini merupakan penerapan Market Basket Analysis pada sistem Point of Sale yang dikembangkan menggunakan Visual Basic.NET 2012. Kemudian diuji menggunakan data transaksi KOPMA UGM dengan minimal support 1% dan minimal confidence 20%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-29