PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE ANP DAN FUZZY TOPSIS

  • Putiri Bhuana Katili Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik Untirta
  • Desy Sulistyani Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik Untirta
  • Daenulhay Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik Untirta
Keywords: Matriks Pertumbuhan Pangsa Pasar, ANP, Fuzzy TOPSIS .

Abstract

Pertumbuhan Produk Domestik Indonesia mengalami penurunan akibat dari krisis ekonomi global.
Banyak sektor merasakan dampaknya seperti juga sektor pariwisata, hotel dan restoran. Hotel The Royale
Krakatau (TRK) pada tahun 2014-2015 revenuenya menurun sebesar 16% dibandingkan tahun sebelumnya.
Berdasarkan analisis Matriks Pertumbuhan Pangsa Pasar, Hotel TRK mampu menempati posisi sel Star dengan
rata-rata tingkat pertumbuhan pasar sebesar 16,28% dan pangsa pasar relatif sebesar 0,88. Meskipun rata-rata
tingkat pertumbuhan pasar Hotel TRK menunjukkan angka yang positif, namun perlu diwaspadai terjadinya
penurunan pendapatan Hotel TRK yang terjadi dua tahun berturut-turut. Untuk hal tersebut, Hotel TRK perlu
meyusun strategi pemasaran yang tepat untuk menjaga keberlanjutan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan
mengetahui bobot kepentingan subkriteria strategi pemasaran dan memberikan rekomendasi strategi pemasaran
terbaik menggunakan metode ANP dan Fuzzy TOPSIS. Kriteria yang digunakan adalah Quality, Cost, Delivery,
dan Service dengan 15 subkriteria. Hasil perhitungan dengan metode ANP diperoleh bahwa bobot subkriteria
tertinggi adalah subkiteria Manajemen Pelayanan (0,14926), dan terendah Publikasi Event Marketing
(0,02432). Hasil perhitungan metode Fuzzy TOPSIS terpilih alternatif strategi pertumbuhan pasar (42%).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-25