ENGLISH ACADEMIC WRITING BAGI MAHASISWA DI INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG: HAMBATAN DAN SOLUSI

  • Tutut Nani Prihatmi Teknik Mesin, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: academic writing, bahan ajar, kurikulum, pembelajaran Bahasa Inggris

Abstract

Menulis (writing) merupakan salah satu dari empat keterampilan utama dalam pembelajaran Bahasa
Inggris yang termasuk kategori productive skill yakni kemampuan memproduksi bahasa. Pada tingkat
Perguruan Tinggi, menulis yang diharapkan sudah ada pada level Academic Writing. Hal ini bertujuan agar
mahasiswa mampu untuk paling tidak menulis abstrak skripsi mereka dalam Bahasa Inggris, juga mampu
menulis jurnal berskala internasional untuk keperluan studi lanjut mereka. Di Institut Teknologi Nasional
Malang, pembelajaran writing hanya dilakukan pada semester 1 atau 2 dan terintegrasi dengan pembelajaran
tiga skill lainnya (reading, speaking, dan listening). Pada proses pembelajaran ditemukan bahwa kemampuan
mahasiswa untuk menulis masih belum memuaskan. Paper ini bertujuan untuk mendeskripsikan tantangan yang
dihadapi dalam penguasaan English academic writing di ITN Malang dan memberikan solusi yang sesuai
dengan kondisi di kelas. Teknik yang digunakan adalah analisa produk, observasi, dan interview dengan
mahasiswa. Tiga tantangan yang ditemukan yaitu permasalahan linguistik, kognitif, dan konten. Solusi yang
diajukan meliputi dukungan kurikulum yang memberi lebih banyak ruang bagi dosen dan mahasiswa untuk
mengeksplorasi writing dan pengembangan bahan ajar yang sesuai bidang keahlian mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-25