Sikap Perilaku Konsumen dalam Memutuskan Berbelanja di Pasar Tradisional Program Revitalisasi di Kota Malang (Studi Kasus Pasar Dinoyo)

  • Wahju Wulandari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Widyagama Malang
  • Sodik Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Widyagama Malang
  • Yekti Intyas Rahayu Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Widyagama Malang
Keywords: Kepuasan Konsumen, Pasar Tradisional, Perilaku Konsumen, Revitalisasi Pasar

Abstract

Tujuan penelitian untuk menemukan maping perilaku konsumen berbelanja di pasar tradisional Merjosari Kota Malang sebagai pasar penampungan dari pasar tradisional Dinoyo yang terkena program revitalisasi. Program revitalisasi ditemukan banyak masalah antara pedagang, pengembang, pemerintah, dan pindahnya konsumen belanja ke pasar modern. Teknik proporsive  sampling untuk menunjuk pasar tradisional Dinoyo yang terkena program revitalisasi di Kota Malang. Accidental sampling mengambil sampel yang kebetulan bertemu dengan peneliti waktu berbelanja di pasar tradisional dan pasar modern. Jumlah sampel sebayak 100 responden. Variabel yang diteliti Lokasi, produk, harga, atmosfir dalam gerai dan pelayanan. Corespondence Analysis untuk maping kedekatan persaingan antar pasar tradisional dan pasar modern. Hasil analisis mampu membentuk Sikap pembeli yang paling tinggi terhadap produk barang yang dijual, harga, pelayanan dan pengalaman berbelanja. Rasa puas yang tinggi merupakan salah satu syarat agar dapat melakukan pembelian berulang-ulang dan lokasi yang strategis. Oleh karena itu tidak ada perbedaan yang signifikan antara pasar tradisional dan pasar modern sehingga program revitalisasi dapat diterima oleh pembeli dan pedagang sebagai pelaku pasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-03-01