Studi Pengaruh Simpang Bersinyal Terhadap Kemacetan Lalu lintas di Ruas Jalan Bendungan Sigura –gura Kota Malang

  • Togi H. Nainggolan Jurusan Teknik Sipil, Institut Teknologi Malang, Malang, Indonesia
  • I. Wayan Mundra Jurusan Teknik Sipil, Institut Teknologi Malang, Malang, Indonesia
  • Sudirman Indra Jurusan Teknik Sipil, Institut Teknologi Malang, Malang, Indonesia
  • Mayang Mustika Jurusan Teknik Sipil, Institut Teknologi Malang, Malang, Indonesia
Keywords: MKJI, Evaluasi Ruas Jalan, Kinerja simpang, Tingkat Pelayanan

Abstract

Kemacetan pada ruas jalan Bendungan Sigura-gura merupakan salah satu dampak dari arus lalu lintas Perempatan Sigura-gura dan perubahan sirkulasi lalu lintas jalan Sumbersari dan Jalan Mayjen Panjaitan sehingga menyebabkan antrian panjang.Dalam studi ini akan dilakukanidentifikasi
karakteristik dan kinerja ruas Jalan Bendungan Sigura-gura depan Kampus Institut Teknologi Nasional Malang akibat pengaruh simpang dan aktivitas kendaraan keluar-masuk Kampus ITN Malang. Pengumpulan data dilakukan selama 7 (tujuh) hari pada 31 januari 2015 – 4 Februari 2015, 26 Mei 2015 dan 6 Juni 2015 meliputi volume lalu lintas, jumlah dan panjang antrian, dan hambatan samping. Hasil studi menunjukan kinerja simpang kondisi eksisting dengan jumlah antrian kendaraan maksimum sebesar 157 kend, panjang antrian 170 m, rata – rata tundaan simpang sebesar 27 detik/kend (tingkat pelayanan simpang D). Perbaikan kinerja simpang dengan cara optimasi waktu siklus, menurunkan hambatan samping dan pelebaran geometrik 4 m pada Pendekat Barat, dan 1,5 m pendekat Selatan dan Utara. Prediksi kinerja ruas jalan menggunakan MKJI didapatkan peningkatan
kecepatan menjadi 37,44 km/jam atau 32 %, penurunan kerapatan menjadi 40,481 kend/km atau 76 %, nilai derajat kejenuhan (DS) 0,6302 tingkat pelayanan B.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-03-01