Penerapan Metode Fuzzy Sugeno Pada Analisis RFM Untuk Menentukan Indeks Produk Pada Permainan Hayday

  • Muhammad Ainul Yaqin Teknik Informatika, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Sayyidatun Naja Teknik Informatika, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Syahrul Kholis Al-Azhar Teknik Informatika, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Komarudin Mahbullah Teknik Informatika, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Analisis RFM,Fuzzy Sugeno, Permainan HayDay, Indeks Produk.

Abstract

Keuntungan yang maksimal diperoleh dari penjualan yang maksimal. Apabila jumlah produk yang diproduksi oleh perusahaan kurang dari jumlah permintaan maka perusahaan akan kehilangan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dan sebaliknya. Oleh karena itu, perencanaan jumlah produk dalam Permainan Hayday sangatlah penting. Agar dapat memenuhi permintaan pasar dengan tepat dan dengan jumlah yang sesuai. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan jumlah produk, antara lain: jumlah persediaan dan jumlah permintaan. Penulisan dan pembahasan pada penelitian ini adalah tentang sistem inferensi Fuzzy Metode Sugeno, penerapan sistem inferensi Fuzzy Metode Sugeno untuk menentukan indeks produk berdasarkan analisis RFM dan data dari penulisan ini didapat dari pengamatan pemesanan truk pada permainan Hayday. Untuk membuat rancangan program yang bisa diharapkan dapat diaplikasikan dan dipakai, sehingga membantu proses penentuan indeks produk berdasarkan produk yang sering dipesan pelanggan dengan analisis RFM. Variabel yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah mengenai waktu produk dengan himpunan fuzzy Lambat dan Cepat, prosentase experience produk dengan himpunan fuzzy Rendah dan Tinggi, jumah produk dengan himpunan fuzzy Sedikit dan Banyak, dan variabel Indeks himpunan fuzy Sedikit dan Tinggi. Penerapan metode ini menggunakan fungsi keanggotaan dengan kurva trapesium dengan semesta pembicaraan waktu [1,8], semesta pembicaraan jumlah [1, 4], semesta pembicaraan prosentase [1,25]. Melalui penelitian ini didapatkan hasil produk unggulan adalah Gula Coklat dengan indeks produk sebesar 4,5.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-02