Analisis Indeks Pelanggan pada Permainan Hay Day dengan Model RFM dan Metode AHP

  • M. Ainul Yaqin Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri Malang
  • Reza Endah Pangestuti Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri Malang
  • Maftuh Sya’id Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri Malang
  • Abdush Shomad Bukhori Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri Malang
Keywords: Model RFM, Hay Day, RFM Scoring, AHP

Abstract

Pengelompokkan pelanggan dalam sector bisnis sangat penting untuk mengidentifikasi potensi dan karakteristik yang dimiliki oleh masing-masing pelanggan termasuk dalam game. Oleh sebab itu, analisis pelanggan perlu dilakukan sebagai acuan pemain untuk mencapai tujuan dalam permainan tersebut. Pada penelitian ini hanya menggunakan data dari pesanan truk dan data yang diambil adalah data permainan hay day selama 3 hari. Pada penelitian ini menggunakan metode Recency, Frequency dan Monetary (RFM) Scoring dan metode AHP untuk menyelesaikan masalah tersebut. RFM scoring diimplementasikan dalam memberikan skor pada masing-masing pelanggan. Sedangkan metode AHP diimplementasikan dalam memberikan bobot yang lebih akurat untuk masing-masing parameter. Bobot yang diperoleh dari perhitungan tersebut adalah Recency sebesar 11.5%, Frequency sebesar 70.3% dan Monetary sebesar 18.2%. Sehingga dapat membantu pemain dalam mengetahui pelanggan yang paling profitable. Hasil dari analisis tersebut ditemukan bahwa pesanan truk dari pelanggan Sekolah adalah yang paling profitable dengan skor akhir 5.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-02