Perencanaan Dermaga Multipurpose III untuk Kapal 5000 DWT Di Pelabuhan Bagendang, Sampit, Kalimantan Tengah

  • Muhamad Adryan Arif Farrosi Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil Lingkungan dan Kebumian, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  • Dyah Iriani Widyastuti Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil Lingkungan dan Kebumian, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  • Cahya Buana Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil Lingkungan dan Kebumian, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Keywords: Dermaga, Multipurpose, Struktur Dermaga, Kapal 5000 DWT.

Abstract

Pelabuhan Bagendang merupakan pelabuhan sungai yang terletak Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk memenuhi kebutuhan arus barang dan bongkar muat yang semakin meningkat tiap tahunnya maka diperlukan perencanaan pembangunan dermaga baru. Dermaga baru yang akan dibangun adalah dermaga multipurpose III yang didesain untuk tipe kapal petikemas yang berukuran 5.000 DWT. Dalam proyek akhir dermaga tersebut direncanakan meliputi perencanaan dimensi dan penulangan struktur pelat dan balok baik dermaga dan trestle, perencanaan struktur sandar dan tambat (fender dan bolder) serta pondasi. Tiang pancang yang digunakan adalah steel pipe pile dengan mutu ASTM A 252 grade 3. Penulangan struktur dan stabilitas struktur (terhadap retak dan terhadap pengaruh lendutan) dikontrol berdasarkan Peraturan Beton Bertulang Indonesia (1971). Hasil dari perencanaan struktur dermaga untuk kapal 5000 DWT, didapatkan bahwa dermaga yang digunakan adalah dermaga multipurpose tipe open pier yang memiliki dimensi panjang 200 m, lebar 25 m dan elevasi +4,0 mLWS dengan kedalaman – 50,00 mLWS. Selain itu direncanakan panjang trestle sepanjang 30 m, lebar 10 m dan elevasi +4,0 mLWS dengan kedalaman -40,00 mLWS. Sedangkan dari estimasi rencana anggaran biaya yang diperlukan adalah Rp. 401,378,282,000,00 (empat ratus satu milyar tiga ratus tujuh puluh delapan juta dua ratus delapan puluh dua ribu rupiah).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-02