Analisis Kegunaan dan Kemudahan terhadap Penggunaan Google Apps For Education

  • Andri Wijaya Program Studi Sistem Informasi Palembang
  • Arif Aliyanto Program Studi Sistem Informasi Palembang
Keywords: FST, Technology Acceptance Model (TAM), Google Apps For Education

Abstract

Perkembangan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi berdampak besar terhadap perubahan pola pikir masyarakat. Pemanfaatan teknologi informasi disegala sektor kehidupan tanpa sadar telah membawa dunia memasuki era globalisasi lebih cepat dari yang dibayangkan. Salah satu teknologi pendidikan yang dikembangkan oleh vendor bernama google meluncurkan sebuah teknologi di bidang pendidikan yaitu Google Apps For Education (GAFE). GAFE sudah dipergunakan oleh civitas akademika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) khususnya mahasiswa dan dosen dalam waktu yang lama pada perkuliahan. Dengan fenomena tersebut penulis tertarik untuk meneliti faktor yang menyebabkan penggunaan GAFE dengan memanfaatkan persepsi-persepsi pada model penerimaan teknologi Technology Acceptance Model (TAM). Pada Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 342 mahasiswa yang aktif pada tahun ajaran genap 2014-2015. Dari populasi tersebut diperoleh sampel sebanyak 185 mahasiswa dengan menggunakan metode Kriejcie dan Morgan. Data penelitian diuji melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi sedangkan untuk analisa data menggunakan metode analisa regresi ganda. Dari hasil penelitian diharapkan adanya pengaruh yang positif dari masing-masing variabel dan pengaruh secara bersama-sama dari variabel yang ada pada model TAM. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa variabel di dalam model TAM yaitu perceived usefulness dan perceived easy of use berpengaruh positif baik terhadap digunakannya GAFE di FST dalam kegiatan perkuliahan

Downloads

Download data is not yet available.