Analisa Troubleshooting Tercampurnya Oil Brake dengan Oil Differential di Axle pada Articulated Dump Truck A40E No Unit IA 07 Site Muara Badak

  • H. Darma Aviva Program Studi Teknik Alat Berat Politeknik Negeri Samarinda
  • Abdul Halim Program Studi Teknik Alat Berat Politeknik Negeri Samarinda
  • Faisyal Faisyal Program Studi Teknik Alat Berat Politeknik Negeri Samarinda
Keywords: Articulated Dump Truck, Trouble shooting, Sealing Ring.

Abstract

Volvo Articulated Dump Truck A40E, merupakan unit kendaraan pengangkut tiga poros dengan bak penuang serta kemudi rangka gandeng (articulated frame steering), yang berfungsi untuk memindahkan material curah maupun bebatuan dari tempat satu ke tempat lainnya dengan kemampuan angkut 39 ton atau 24 m3 Wheel Brake system pada unit ini merupakan suatu system yang sangat penting, karena wheel brake system mempunyai fungsi yaitu untuk mengurangi kecepatan unit melalui final drive kemudian diteruskan ke tyre.Oil merupakan suatu fluida yang menjadi peran penting dalam di dalam wheel brake, yang berfungsi sebagai penekan pada sistem pengereman. Apabila pada sistem Wheel brake terjadi kebocoran difinal drive karena tidak berfungsi sealing ring, menyebabkan terjadi tercampurnya oil brake dengan oil differential berakibat volume oil brake berkurang, kekentalan oil berubah, sehingga sistem pengereman pada wheel brake terganggu. Tidak berfungsinya sealing ring karena adanya kesalahan dalam assembling pada rangkaian shaft axle. Setelah dilakukan perbaikan (assembling ulang) pada rangkaian shaft axle, maka fungsi wheel brake menjadi normal kembali

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-02