Analisa Pengaruh Modifikasi Velocity Air Intake Filter Udara terhadap Karakteristik Torsi dan Daya yang Dihasilkan pada Motor Berkapasitas 155 Cc

  • Adito Jibran Faerus Teknik Mesin S1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Gerald Adityo Pohan Teknik Mesin S1, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Motor bakar, Velocity air intake, dynotest

Abstract

Di era yang semakin maju serta meningkatnya mobilitas masyarakat yang tinggi, kebutuhan akan transporasi juga meningkat. Terlebih lagi sepeda motor dengan performa yang sudah tertakar juga ikut meningkat. Meskipun adanya sepeda motor yang memiliki performa yang memumpuni, yang dirasakan di kalangan masyarakat bahwa sepeda motor yang dipasarkan  performanya kurang memumpuni, sehingga menyebabkan pembuatan sparepart modifikasi yang diperuntukkan sebagai semua sepeda motor. Dari sekian banyak sparepart sepeda motor, velocity air intake salah satu sparepart atau komponen sepeda motor yang dapat dimodifikasi dengan harga terjangkau serta dengan mudah untuk dirubah.. Penelitian yang dilakukan mempunyai tiga sampel, yaitu velocity 1 yang merupakan filter standar (berbahan karet dengan diameter 34mm), velocity 2 dengan bentuk berbeda dan lebih pendek daripada velocity 1 (berbahan stainless dengan diameter 48mm), velocity 3 memiliki panjang yang sama dengan velocity 1 tetapi berbahan sama dengan velocity 2 (berbahan stainless dengan memilik 2 lubang kecil dan besar pada bagian in ).velocity tersebut diaplikasikan kepada motor bakar berkapasitas 155cc dan selanjutnya dilakukan pengujian dengan mengukur torsi dan daya yang dihasilkan di atas mesin dynamometer. Dari pengujian tersebut mendapatkan hasil daya maksimum  menggunakan velocity 3, yaitu sebesar 11,89HP. Sedangkan torsi maksimum didapatkan dengan mengggunakan velocity 1, yaitu sebesar 12,65Nm. Torsi dan daya yang dihasilkan pada velocity 3 lebih baik daripada kedua jenis velocity yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-14