Augmented Reality Location Based Service sebagai Petunjuk Lokasi Pusat Oleh-Oleh di Kota Malang

  • Kiswandono Kiswandono Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Dimas Indra Laksmana Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Aria Dian Tri Wahyuni Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Augmented Reality, GPS based tracking.

Abstract

Industri pariwisata mempunyai peranan penting dalam upaya pembangunan dan pengembangan suatu daerah yang mampu mendongkrak perekonomian suatu daerah yaitu adanya percepatan pertumbuhan ekonomi daerah menjadi sumber pendapatan utama. Kota Malang merupakan sebuah kota wisata yang terkenal karena georafisnya yang terletak pada dataran tinggi, salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah wisatawan di Kota Malang adalah dengan mengembangkan kota unggulan di bidang pariwisata sesuai dengan konsep Tribina Cita Kota Malang. Pusat toko oleh-oleh yang mudah dijangkau oleh wisatawan merupakan sebuah usaha menarik wisatawan. Teknologi dan interaktivitas menjadi poin penting pengembangan sebuah aplikasi. Augmented Reality (AR) merupakan teknologi interaktivitas yang mengintegrasikan obyek virtual dengan lingkungan nyata secara real time, memungkinkan untuk berinteraksi dengan obyek virtual secara natural. AR diimplementasikan pada aplikasi bekerja dengan cara memberikan label pada gedung yang ditampilkan oleh layar smartphone. Teknik tracking AR yang digunakan pada penelitian ini adalah GPS based tracking, teknik ini memanfaatkan data koordinat yang dimiliki untuk memberikan label. Pengujian pada penelitian ini dilakukan dengan pengujian akurasi. Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi yang mengadopsi teknologi AR dan Location Based Service, guna memvisualisasikan keadaan terhadap digital content dengan dunia nyata secara terpadu, pengguna dapat dengan mudah mencari informasi lokasi serta mengetahui informasi-informasi pada gawai dengan sistem android.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-14