Analisis Segmentasi Kunjungan Wisatawan Domestik di Banyuwangi dari Aspek Travel Behavior Menggunakan Metode Klastering

  • Ananta Kusuma Yoga Pratama Pratama Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Ainurrofiq Ainurrofiq Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
Keywords: K-means, klastering, segmentasi, pariwisata

Abstract

Wisatawan domestik yang berkunjung ke Banyuwangi memiliki perbedaan karakteristik, dan tujuan dalam berwisata. Dengan semakin bertambahnya mobilitas wisatawan di wilayah Banyuwangi, maka perhitungan dan analisis segmentasi yang akurat berdasarkan data kuantitatif yang representatif sangat diperlukan. Penelitian segmentasi wisatawan di wilayah Banyuwangi ini bertujuan untuk mengetahui informasi profil wisatawan yang berkunjung ke wilayah Banyuwangi. Jumlah data yang ada besar dan bervariasi, maka digunakan suatu teknik segmentasi kuantitatif yaitu klastering k-means berdasarkan variabel perilaku wisatawan (travel behaviour). Dengan metode klastering, kita berusaha untuk menempatkan obyek yang mirip (jaraknya dekat) dalam satu klaster. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel secara sembarang (accidental sampling) dengan sampel responden sebanyak 90 orang yang diambil dari 3 lokasi wisata di Banyuwangi, yaitu Waduk Sidodadi Glenmore, Marina Boom, dan Bangsring Underwater. Dari klastering k-means terbentuk 5 segmen wisatawan yang berkunjung di Banyuwangi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-02