Desain Game Imersif untuk Edukasi Mitigasi Bencana menggunakan Konsep Appreciative Learning

  • Hanny Haryanto Teknik Informatika, Universitas Dian Nuswantoro
  • Rahmatsyam Lakoro Desain Produk Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Keywords: game, edukasi, mitigasi bencana, imersif, appreciative learning.

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai resiko bencana besar. Sebagai bagian dari upaya mitigasi bencana, game dapat digunakan sebagai sarana edukasi. Dalam melakukan edukasi, game mempunyai kelebihan dalam memberikan pengalaman praktis yang menyenangkan. Sifat imersif adalah elemen vital dalam perancangan game untuk menghasilkan pengalaman tersebut. Perancangan sifat imersif pada game seringkali tidak terkonsep dengan baik sehingga tidak menghasilkan pengalaman yang seharusnya. Penelitian ini menggunakan konsep Appreciative Learning untuk menghasilkan pengalaman imersif pada game edukasi untuk mitigasi bencana. Konsep Appreciative Learning terdiri dari tahap discovery, dream, design dan destiny. Appreciative Learning akan digunakan untuk merancang pengalaman imersif yang terdiri dari sensory, imaginary dan challenge-based immersion, yang merupakan tiga elemen utama dari game imersif. Konsep ini akan diterapkan pada game bergenre puzzle. Penelitian ini menghasilkan rancangan game imersif yang diimplementasikan pada game puzzle edukasi untuk mitigasi bencana.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-02