Simulasi Model Proses Bisnis pada Permainan Travel Agency
Abstract
Permainan Travel Agency adalah permainan strategi memanajemen waktu dalam bidang jasa travel. Dalam permainan ini pemain berperan sebagai pelayan yang bertugas untuk melayani pelanggan dengan karakter yang berbeda-beda. Paper ini akan menjelaskan tentang simulasi model proses bisnis pada permainan Travel Agency. Sehingga nantinya dapat diketahui bagaimana model proses bisnisnya serta permasalahan apa saja yang mungkin dihadapi saat menjalankan bisnis dibidang jasa travel. Pada penulisan paper ini, penulis menggunakan metode Business Proccess Improvement (BPI) untuk analisis dan pemodelan proses bisnis dan metode BPMN (Business Process Model and Notation) sebagai alat untuk menggambarkan atau membuat model grafis dari operasi bisnis dimana terdapat aktifitas-aktifitas dan kontrol-kontrol alur yang mendefinisikan urutan kerja. Dengan metode tersebut maka dapat diketahui alur proses bisnis serta rekomendasi perbaikan pada permasalahan didalam proses bisnis permainan Travel Agency. Peneliti disini melakukan eksperimen pada penambahan kapasitas antrian pada ruang tunggu dan hasil dari ekperimen ini akan dibandingkan dengan simulasi permainan Travel Agency. Dengan penambahan kapasitas maka jumlah output pelanggan lebih banyak dari sebelumnya dan diharapkan dapat memenuhi target berdasarkan waktu yang ada.