ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK PADA PROSES BODY REPAIR DI CV TOP MOBIL MALANG

  • Dwi Hadi Sulistyarini Teknik Industri, Universitas Brawijaya Malang
  • Endra Yuafanedi Arifianto Teknik Industri, Universitas Brawijaya Malang
  • Khrisna Angger Teknik Industri, Universitas Brawijaya Malang
Keywords: Kualitas, Diagram Pareto, Statistical Process Control, Fishbone Diagram, Defect

Abstract

Pengendalian kualitas produk menjadi salah satu cara perusahaan untuk menjaga kepercayaan
konsumen terhadap kinerja perusahaan. Penelitian yang dilakukan menelusuri mengenai jenis defect dan
seberapa besar defect yang terjadi, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya defect, serta solusi perbaikan
yang dapat diterapkan untuk mengurangi terjadinya defect. Penelitian ini mengambil objek pada proses Body
Repair di CV Top Mobil Malang. Metode yang digunakan untuk mengendalikan kualitas dengan menggunakan
Diagram Pareto, Statistical Process Control (SPC, Fishbone Diagram. Terdapat empat jenis defect yang terjadi
pada produk yang dihasilkan di proses body repair pada CV Top Mobil. Defect Warna Tidak Sama 38,4%, Body
tidak rata 38,4%, Permukaan Kasar 16,7% dan Kerapihan 16,7%. Penyebab dari terjadinya defect pada produk
yang ada pada body repair secara garis besar adalah faktor mesin, metode, material, dan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-03