INTERPOLASI GERAKAN ROTASI ANIMASI 3D MENGGUNAKAN BILANGAN QUARTENION DAN IMPLEMENTASINYA PADA FUNGSI SLERP (SPHERICAL LINEAR INTERPOLATION)

  • Heru Arwoko Fakultas Teknik - Jurusan Informatika - Universitas Surabaya
  • Endah Asmawati Fakultas Teknik - Jurusan Informatika - Universitas Surabaya
  • Susana Limanto Fakultas Teknik - Jurusan Informatika - Universitas Surabaya
Keywords: interpolasi, animasi, quaternion, rotasi vektor, SLERP, LERP.

Abstract

Interpolasi animasi obyek 3D memiliki peranan penting pada pembuatan film 3D. Pada animasi
gerakan memutar dapat digunakan aplikasi bilangan quaternion untuk menghasilkan interpolasi yang bagus.
Rotasi vektor menggunakan bilangan quaternion berhasil diterapkan pada saat interpolasi rotasi obyek dari
satu keyframe ke keyframe yang lain. Interpolasi quartenion pada fungsi SLERP, spherical linear interpolation
memiliki hasil interpolasi yang bagus. Sedangkan fungsi lainnya yaitu LERP, linear interpolation
menghasilkan interpolasi rotasi yang lebih jelek. Pada artikel ini dijelaskan mendetail fungsi SLERP yang
sangat menguntungkan pada pembuatan animasi 3D saat gerakan memutar dibandingkan hasil fungsi LERP

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-03