Upaya Peningkatan Jumlah Penjualan pada UKM Tahu Mulyo dengan Blue Ocean Strategy Berdasarkan Voice Of Customer

  • Lenny Herawati Teknik Industri, Institut Teknologi Mojosari
  • Ririn Ningkeula Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Turen Malang
Keywords: Blue Ocean Strategi (BOS), Voice of Customer, Fishbone, Strategi Pemasaran, Tree Diagram

Abstract

UKM tahu ini merupakan industri manufaktur yang bergerak di bidang pangan. UKM ini memulai usahanya pada tahun 2001. Permasalahan yang muncul pada UKM tahu ini adalah penurunan jumlah penjualan sejak dua tahun terakhir, strategi penjualan yang diterapkan tidak mampu meningkatkan volume penjualan pada UKM tahu ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan saran perbaikan terkait dengan strategi penjualan. Blue Ocean Strategy merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Metode Blue Ocean Strategy merupakan metode untuk menciptakan inovasi nilai baru yang belum dimiliki oleh pesaing guna mengalihkan diri dari persaingan yang ketat antar pelaku usaha. Metode BOS memiliki beberapa langkah dalam penerapannya, yaitu yang pertama adalah pembuatan kanvas strategi, yang kedua adalah pembuatan framework empat langkah yang terdiri dari dihapuskan-ditingkatkan-dikurangi-diciptakan. Ketiga, membuat tiga ciri strategi yang baik yaitu fokus, divergensi dan motto. Berdasarkan penelitian yang diperoleh, dilihat dari kanvas strategi, terdapat beberapa indikator yang nilainya berada di bawah kompetitor. Inovasi baru yang diterapkan UKM tahu sebagai langkah untuk mengalihkan diri dari pesaing adalah dalam kerangka faktor empat langkah yang dikurangi, yaitu harga yang dipetakan menggunakan diagram tulang ikan. Faktor yang ditingkatkan adalah label kemasan, promosi penjualan, kebersihan yang dipetakan menggunakan diagram pohon. Adapun faktor yang diciptakan yaitu menciptakan inovasi produk yaitu tahu dengan tekstur lebih kenyal dan ada yang berwarna kuning

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-08