Analisis Deskriptif terhadap Respon Loyalti Customer Shopee di Jawa Timur

  • Prima Vitasari Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Nurul Maziyah Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Fuad Achmadi Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Emmalia Adriantantri Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: e-commerce, Shopee Indonesia, strategi market, deskriptif statistic, loyalti customer

Abstract

E-commerce sebagai salah satu media belanja yang banyak diminati konsumen untuk melakukan transaksi pembelian barang ataupun jasa. Beberapa platform jualan online semakin banyak bertambah, konsumen juga makin familiar berbelanja online. Shopee atau toko orange, sebagai platform yang banyak diminati untuk tempat berbelanja online di Indonesia. Penelitian ini telah melakukan survey untuk mendapatkan gambaran pengguna Shopee di Jawa Timur. Sejumlah tiga ratus sembilan puluh tiga responden telah berpartisipasi dalam mengisi kuesioner. Survey dilakukan secara online menggunakan google form melalui media whatsapp, Ig, FB, dan email. Perhitungan dengan deskripsi statistik dengan tujuh variable diperoleh gambaran bahwa pengguna Shoppe di Jawa Timur mayoritas adalah berjenis kelamin perempuan dengan rentang usia 26-35 tahun yang berpendidikan lulusan perguruan tinggi, bekerja sebagai pegawai swasta, memiliki penghasilan 1-5 juta perbulan, sebagai pengguna aktif Shopee minimal selama 1-3 tahun, dan berdomisili di Kota Malang. Hasil ini dapat digunakan oleh manajemen Shopee sebagai dasar pengembangan dan strategi marketing untuk wilayah Jawa timur. Penelitian selanjutnya dapat mengidentifikasi dengan jumlah variabel lebih banyak dan wilayah lebih luas

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-08