Perbaikan Kualitas Produk Menggunakan Metode Quality Control Circle (QCC) dan Plan, Do, Check, Action (PDCA)

  • Emmalia Adriantantri Bisnis Digital ITN Malang
  • Sri Indriani Bisnis Digital ITN Malang
  • Royan Saifulloh Teknik Industri ITN Malang
Keywords: PDCA, QCC, Kualitas Produk

Abstract

Dalam pemilihan produk setiap pelanggan pasti mempertimbangkan kualitas produk tersebut. Sehingga dapat dikatakan kualitas produk merupakan indikator penting bagi setiap perusahaan untuk dapat tetap bersaing dalam dunia industri.  Maka, perusahaan perlu memperhatikan kualitas produknya agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggannya, melalui pengendalian kualitas produk yang dihasilkan dalam proses produksi yang dilakukan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode Quality Control Circle (QCC) dan Plan, Do, Check, Action (PDCA), yang dilakukan pada perusahaan tissue. Hasil dalam penelitian ini adalah jenis cacat produk paling tinggi yaitu potongan roll yang tidak tepat sebesar 65,61%. Faktor penyebab cacat produk karena faktor manusia yang kurang teliti, tidak secara rutin melakukan pengecekan, faktor mesin karena pisau tidak tajam, bergerigi, kemiringannya tidak pas, serta posisi terlalu masuk atau keluar, kecepatan mesin tidak sesuai, faktor material yaitu moisture lembaran tissue tidak rata dan terlalu tinggi, faktor metode yaitu pengaturan jarak dan sudut pisau slitter masih dilakukan secara manual. Perbaikan yang diusulkan adalah pembuatan prosedur dan jadwal yang mewajibkan pekerja melakukan pengecekan secara berkala, dan penggunaan sistem terkomputerisasi dalam pengaturan pisau agar lebih akurat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-08