Arsitektur Enterprise pada Permainan Hay Day Menggunakan Metode Zachman Framework
Abstract
Zachman Framework adalah suatu kerangka kerja yang dibuat untuk mendapatkan arsitektur perusahaan secara meluas.Kerangka Zachman bersifat sederhana dan logis yang dapat membantu mengelola informasi infrastruktur dari suatu perusahaan. Dengan menggunakan Zachman Frameworks, perusahaan dimodelkan dengan menjawab enam pertanyaan yaitu : What? How? Where? Who? When dan Why?. Keenam pertanyaan ini dilihat dari enam sudut pandang yang berbeda, seperti: Persepektif Eksekutif, Persepektif Business Management, Persepektif Architect, Persepektif Engineer, Persepektif Technician dan Persepektif Perusahaan. Hasil penelitian ini berupa Enterprise Architecture pada sebuah game berjudul Hay Day, sehingga dapat diperoleh informasi secara detail tentang bagaimana aspek organisasi,proses dan strategi bisnis pada game Hay Day tersebut. Kerangka zachman yang digunakan pada penelitian ini meliputi scope, enterprise model, dan system model.Dengan ini diharapkan paper ini dapat dijadikan acuan pengembangan software Enterprise resource planning (ERP)