KAJIAN PENENTUAN INCIDENCE ANGLE EKOR PESAWAT PADA Y-SHAPED TAIL AIRCRAFT

  • Gunawan Wijiatmoko Balai Besar Teknologi Aerodinamika, Aeroelastika, dan Aeroakustika - BPPT.
  • Meedy Kooshartoyo Balai Besar Teknologi Aerodinamika, Aeroelastika, dan Aeroakustika - BPPT
Keywords: External Balance, Gaya/Momen Aerodinamika, Static Stability, Wind Tunnel.

Abstract

Seperti juga umumnya pesawat terbang, maka pesawat udara nir awak memerlukan gaya angkat atau
Lift untuk mengangkat pesawat tersebut sehingga mampu terbang. Selain sayap, horizontal tail merupakan
bagian dari pesawat terbang yang menimbulkan gaya angkat. Sudut pasang horizontal tail ke fuselage
mempunyai kontribusi terhadap gaya angkat dan gaya hambat. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui
sudut pasang yang tepat dari pesawat terbang nir awak dengan empennage berbentuk Y-Tail .Sudut pasang
yang tepat akan memberikan kinerja aerodinamika yang optimal sesuai misinya. Metode pengujian
menggunakan wind tunnel test terhadap model uji dengan panjang sayap 3220 mm. Analisis dilakukan
berdasarkan data hasil pengujian terhadap sudut pasang -3
o
, 0o
, +3o dan +6o
. Variasi sudut ternyata tidak
menunjukkan perbedaan yang relatif besar terhadap gaya angkat maupun gaya hambat, namun analisis
berdasarkan kondisi terbang cruise dan longitudinal stability, sudut pasang 3o menunjukkan yang terbaik di
antara yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-03