Optimasi Proses Bisnis untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada Game Travel Agency

  • Muhammad Ainul Yaqin Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri Malang
  • Alfiana Intan Karisma Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri Malang
  • Siti Khodijah Hidayati Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri Malang
  • Rensi Afrila Caesara Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri Malang
Keywords: Proses Bisnis; Kepuasan Pelanggan; BPI; Fuzzy Mamdani.

Abstract

Permainan Travel Agency merupakan gambaran kecil dari suatu bisnis di bidang jasa. Permainan ini merupakan pelatihan kecil sebelum membangun bisnis jasa yang nyata. Target atau tujuan yang dapat dicapai jika pelanggan mendapatkan kepuasan dalam pelayannya. Proses bisnis yang berlangsung, terkadang hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan target atau tujuan yang diharapkan. Maka diperlukan perbaikan proses bisnis yang ada untuk mecapai kepuasan pelanggan dengan membuat proses bisnis yang optimal sehingga hasil yang didapatkan mencapai target yang diharapkan. Optimasi proses bisnis pada permainan travel agency di katakan optimal jika memenuhi kriteria diantranya waktu pelayanan, stamina pegawai, dan fasilitas yang disediakan. Metode Business Proccess Improvement (BPI) digunakan untuk analisis dan pemodelan proses bisnis dan metode fuzzy mandani untuk mengoptimalkan proses bisnis dalam permainan, terdapat 9 rules menggunakan fungsi keanggotaan waktu, fasilitas, dan stamina. Ruang lingkup dalam penelitian ini yaitu mengukur tingkat kepuasan pelanggan pada permainan travel agency. Hasil yang diperoleh untuk mendapatkan kepuasan pelanggan dengan rentan waktu sebesar 1-10 detik, rentan stamina sebanyak 6-10 tingkatan, dan rentan penyediaan fasilitas sebesar 6-10 tingkatan. Kemudian dibuat model proses bisnis baru yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan menggunakan penjadwalan First In First Out (FIFO) dengan persentase 95%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-02