Analisis Hasil Pelatihan Perancangan Kemasan Untuk Meningkatkan Kualitas Pada Koperasi Dan Paguyuban Susu Segar

  • Debrina Puspita Andriani Teknik Industri, Universitas Brawijaya
  • Oke Oktavianty Teknik Industri, Universitas Brawijaya
  • Ihwan Hamdala Teknik Industri, Universitas Brawijaya
  • Azizah Putri Nur Aini Teknik Industri, Universitas Brawijaya
Keywords: susu segar, kemasan, kualitas, koperasi, perancangan kemasan.

Abstract

Susu segar merupakan unit utama yang dikembangkan pada koperasi tempat pelaksanaan kegiatan pengabdian kali ini. Koperasi ini menjadi pemasok susu segar di sebagian besar wilayah baik di dalam maupun di luar Malang. Koperasi ini selalu meningkatkan produksi susu segar dari segi kuantitas maupun kualitas produk. Meskipun telah memiliki image yang baik, koperasi ini tidak pernah melakukan promosi berlebihan, sehingga menyadari bahwa untuk tetap dapat bersaing dengan kompetitor penghasil susu yang lain, kualitas merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Berdasarkan survey pendahuluan baik terhadap petani susu segar, pekerja maupun pemilik koperasi, diketahui bahwa untuk menjaga produk agar tetap berkualitas, koperasi ini berupaya menjaga kualitas produknya dengan menjual produk mereka kepada konsumen dalam kemasan plastik sederhana. Permasalahan muncul disebabkan karena kurangnya kesadaran para pekerja untuk meningkatkan kualitas, salah satunya dengan pemakaian desain kemasan yang masih sederhana. Kualitas masih dipandang secara tradisional, yaitu dengan kemasan yang sederhana dan murah akan dapat menekan biaya produksi. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pelatihan kepada para pekerja mengenai perancangan kemasan pada susu segar dengan salah satu poin pentingnya adalah menjaga kualitas bersama-sama. Dengan menjaga kualitas, selain diperolehnya produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan, juga meningkatnya kepuasan pelanggan internal dan eksternal, serta berkurangnya biaya kualitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-02