Visualisasi Aliran Pada Model Pesawat Tempur Untuk Variasi Sudut Canard Posisi Sejajar Sayap Utama Menggunakan Water Tunnel

  • Setyawan Bekti Wibowo Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
  • Dwiyan Puspa Lufstansa Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
  • Dipta Adiyantoro Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
  • Rokhim Safarudin Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
Keywords: canard, aerodinamika, pesawat tempur, visualisasi, water tunnel.

Abstract

Saat ini bentuk pesawat terbang khususnya pesawat tempur terus berkembang dan diteliti untuk mendapat bentuk pesawat yang aerodinamis. Salah satu teknologi yang dikembangkan pada pesawat tempur adalah canard. Canard adalah sayap kecil yang terletak didepan main wing. Berfungsi untuk meningkatkan manuver canard juga berfungsi untuk menambah gaya angkat pada pesawat dan menunda terjadinya stall. Konfigurasi pasangan canard sayap mempengaruhi aliran sepanjang badan pesawat dan kinerja aerodinamis. Penelitian mengenai pengaruh adanya canard dengan berbagai posisi dan variasi defleksi sudut canard akan mengungkap dan mengoptimalkan karakter aerodinamis pada pesawat tempur. Pada penelitian ini dilakukan uji visualisasi pengaruh variasi defleksi sudut canard. Penelitian ini menggunakan water tunnel. Pengujian ini menggunakan model pesawat dengan variasi jarak canard sayap terhadap sayap utama dan defleksi sudut canard. Berdasarkan hasil pengujian yang diperoleh dari hasil visualisasi menunjukkan vortex core paling panjang pada semua model pesawat terjadi pada angle of attack 20o. Sedangkan fully stall pada semua model pesawat terjadi pada angle of attack 70o. Defleksi sudut canard mempengaruhi nilai gaya angkat dan posisi terjadinya vortex breakdown. Terlihat pada AoA 60o vortex core yang terjadi pada model pesawat dengan sudut defleksi canard 30o lebih panjang daripada model pesawat dengan defleksi sudut canard 0o

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-02