open access

Abstract

Keruntuhan bangunan gedung yang terjadi akibat gempa bumi acapkali disebabkan oleh kolom yang kurang daktail disebabkan oleh pengekangan yang kurang. Salah satu solusi untuk meningkatkan struktur gedung lama untuk menambahkan daltilitas dari kolom adalah dengan meretrofit (dikupas selimutnya dan dicor ulang) kolom dengan menggunakan fine mesh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas dan model kurva tulangan sengkang yang dibungkus lapisan fine mesh sebagai pengekang kolom beton dibanding kolom beton terkekang tulangan sengkang BJTP.

Untuk mengetahui peningkatan daktilitas kolom adalah untuk membandingkan teortis dengan pengujian eksperimental yang akan menggunakan benda uji kolom persegi 130 x 130 mm, dan tinggi kolom 600 mm. Pelaksanaannya dilakukan dengan uji tarik baja dan fine mesh Ø 4-50, menggunakan kolom  pengujian benda uji menggunakan alat Universal Testing Machine (UTM) berkapasitas 200 ton.

Penelitian ini mendapatkan hasil yang telah dibandingkan baik hasil teoritis dan eksperimen antara kolom RCS dan RCFMS(A) dan RCFMS(B)dan diperoleh hasil f’cc ,Ɛcc  dan Ɛcu yang perbedaannya < 15%,sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan fine mesh Ø 4-50 sebagai tulangan pengekang tambahan pada kolom persegi beton bertulang yang di bungkus secara langsung maupun di retrofit cukup efektif. kolom beton bangunan lama yang terletak pada wilayah gempa kuat perlu dilakukan.