open access

Abstract

Penelitian tentang Analisa Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pekerja Proyek Perkuatan Tebing Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep Madura bertujuan untuk mengetahui faktor yang paling dominan, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pekerja, untuk mengetahui pengaruh kinerja pekerja tukang batu aktual terhadap penyelesaian proyek Perkuatan Tebing Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep Madura.

Dalam Proyek Pembangunan Perkuatan Tebing Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep Madura ini dilakukan berdasarkan hasil survey kepada pekerja tukang batu. Data dari lapangan di olah dengan bantuan software SPSS kemudian didapatkan hasil Uji Validitas, Reabilitas, Analisa Faktor, Uji Klasik, Regresi.

Dari hasil perhitungan, secara simultan  variabel pengalaman , umur , dan K3 berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja pekerja. Sedangkan secara parsial variabel pengalaman, pendidikan, kodisi lapangan berpengaruh signifikan, sebaliknya variabel pendidikan, kesehatan, upah, kondisi lapangan, dan cuaca berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel kinerja pekerja. Variabel Umur memiliki faktor yang paling dominan terhadap kinerja pekerja tukang batu karena nilai koefisien regresinya (β) = 1,793  lebih besar dari variabel lainnya.