PERANCANGAN TRANSMISI SEPEDA DISABILITAS BERBASIS ELEKTRIK

  • Aditya Bagus Setiawan Teknik Mesin D3 ITN Malang
  • Peniel Immanuel Gultom Teknik Mesin D3 ITN Malang

Abstract

Abstrak


Dalam upaya pengembangan inovasi teknologi otomotif dan sarana bantu bagi para kaum difabel, maka diperlukan suatu sarana bantu untuk mempermudah mobilitas kaum difabel yang tidak menyulitkan pengguna dan ramah lingkungan. Oleh sebab itu pada penelitian ini, diperkenalkan suatu sarana mobilitas baru pada sepeda disabilitas berbasis elektrik, dengan menciptakan sepeda disabilitas dengan penggerak motor listrik yang dapat diperuntukan bagi kaum difabel, sehingga dapat memudahkan mereka untuk beraktivitas. Dilengkapi dengan penjelasan mengenai perencanaan transmisi, perhitungan kekuatan motor listrik dan perhitungan transmisi rantai. Dengan harapan sepeda disabilitas hasil rancangan ini masuk dalam kategori aman untuk dipergunakan bagi kaum difabel.


Sepeda untuk difabel adalah suatu sarana mobilitas dengan roda lebih dari dua, yang memiliki kemudi, tempat duduk, dan penggerak menunjang kegiatan sehari-hari seorang tunadaksa. Banyak sepeda motor bermotor bakar yang dimodifikasi  menjadi sepeda motor difabel dengan merubah susunan transmisi dan roda belakang, namun harganya cukup mahal begitu pula biaya produksinya, selain itu seiring perkembangan jaman, motor bakar torak mulai ditinggalkan.


Maka dari itu muncul ide untuk membuat sepeda disabilitas berbasis elektrik guna menekan biaya produksi yang besar serta memiliki kepraktisan yang lebih sehingga dapat mempermudah penggunanya dalam hal ini kaum difabel selain harganya yang murah, sepeda ini cukup efisien dan ramah lingkungan karena menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya dan baterai sebagai sumber tenaganya. Dengan demikian harga sepeda akan lebih murah dan lebih ramah lingkungan


Kata kunci : motor listrik, transmisi, sarana, sepeda difabel

Published
Feb 13, 2018
How to Cite
SETIAWAN, Aditya Bagus; GULTOM, Peniel Immanuel. PERANCANGAN TRANSMISI SEPEDA DISABILITAS BERBASIS ELEKTRIK. Jurnal SPARK, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 6-10, feb. 2018. ISSN 2614-5464. Available at: <https://ejournal.itn.ac.id/index.php/spark/article/view/1820>. Date accessed: 17 aug. 2019.
Section
Articles