PERANCANGAN MODIFIKASI ELECTRIC LONGBOARD MENGGUNAKAN MESIN PENGGERAK RODA

  • Chrizel Ervanto Missa D3 Teknik Mesin ITN Malang
  • Peniel Immanuel Gultom D3 Teknik Mesin ITN Malang

Abstract

Electric Longboard adalah jenis alat olahraga yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan aktivitas olahraga (skateboarding), skateboarding juga dapat dianggap sebagai rekreasi, sebuah bentuk seni, pekerjaan atau sebagai metode transportasi. Electric Longboard merupakan jenis skateboard dengan wheelbase lebih panjang dan lebih besar. Electric longboard pada umumnya berbentuk sederhana dan terkadang kurang memuaskan bagi penggunanya sehingga perlu adanya modifikasi atau penambahan komponen-komponen lainya agar terlihat lebih menarik dari tampilan sebelumnya.


Metode yang diterapkan dalam perancangan modifikasi electric longboard ini di awali dengan perancangan konsep. Penyajian gambar dan identifikasi alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan modifikasi electric longboard ini terdiri dari dynamo starter dengan daya = 72 watt , denganĀ  kecepatan = 0,84 m/s, sprocket besar dengan diameter = 100 mm, sprocket kecil dengan diameterĀ  = 60 mm, rantai dengan kecepatan = 85,72 m/s dan jumlah aki yang digunakan 2 buah, masing-masing dengan besar tegangan 12 Volt.


Kata Kunci : Electric Longboard (Skateboard), alat olahraga, Metode Transportasi.

Published
Mar 9, 2018
How to Cite
MISSA, Chrizel Ervanto; GULTOM, Peniel Immanuel. PERANCANGAN MODIFIKASI ELECTRIC LONGBOARD MENGGUNAKAN MESIN PENGGERAK RODA. Jurnal SPARK, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 21-26, mar. 2018. ISSN 2614-5464. Available at: <https://ejournal.itn.ac.id/index.php/spark/article/view/1823>. Date accessed: 21 aug. 2019.
Section
Articles