Pengembangan Bisnis Kerupuk Ikan Dengan Pendekatan Business Model Canvas dan Blue Ocean Strategy
Abstract
UMKM Kerupuk Ikan Dua Putri menghadapi penurunan penjualan akibat persaingan ketat dengan produsen serupa di Kecamatan Tambakboyo, menciptakan situasi pasar Red Ocean. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi model bisnis UMKM menggunakan Business Model Canvas dan merumuskan strategi baru dengan pendekatan Blue Ocean Strategy, yang fokus pada inovasi dan penciptaan pasar baru. Analisis ini menggambarkan model bisnis saat ini serta menerapkan empat langkah Blue Ocean: kurangi, tingkatkan, ciptakan, dan hapuskan. Hasilnya menunjukkan bahwa UMKM dapat meningkatkan daya saing dengan menghadirkan variasi rasa baru, kemasan menarik, kemitraan strategis, promosi di media sosial, dan bonus pembelian. Penelitian ini diharapkan dapat berfungsi sebagai alat evaluasi untuk mengidentifikasi peluang strategis dan memperbaiki posisi bisnis di pasar kerupuk ikan yang kompetitif.