PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN KAOS GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT (StudiKasus :(CV. SUKSES MAKMUR JAYA)

  • Bahrul Munif Teknik Industri ITN Malang
Keywords: StrategiPemasaranProdukKaos, Analisisis SWOT

Abstract

  1. SuksesMakmur Jaya merupakanperusahaan yang memproduksikonveksikaos di kabupaten Malang. Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin ketat akan berdampak pada ketatnya persaingan bisnis. Hal ini juga berdampak pada bidang usaha yang bergerak di bidangkonveksikaos, salahsatunyaadalah CV.SuksesMakmur Jaya.

Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikekuatan,kelemahan,peluang,ancaman, untukmenyusun IFAS (Internal Factor Analysis Summer) dan EFAS (Eksternal Factor Analisis Summer) danuntukmengetahuistrategipemasaranpada CV. SUKSES MAKMUR JAYA setelah di analisisdengan S.W.O.T (Strength,Weakness,Opportunity,Threat). Fenomena yang adaperusahaanmenghadapipersaingan yang sengitditandaidenganmenjamurnyausahakonveksikaos.Penelitianinimenggunakanmetodeanalisis SWOT yaituanalisis yang mengidentifikasifaktor internal danfaktoreksternalperusahaan. Data dikumpulkanmelaluiobservasi,wawancara, danpembagiankuisionerkepdakonsumen CV. SUKSES MAKMUR JAYA yang berjumlah 40 orang. Hasilpenelitiantersebutmenunjukannilaisebagaiberikut: (1) hasilanalisis IFAS adalahsebesar 4.00 bahwaposisisangatmenguntungkanbagiperusahaan, dimanafaktor yang paling kuatpada internal perusahaanadalahkualitasproduk yang terjamin. (2) Hasilanalisis EFAS diperolehskorsebesar 2,33dimanaposisiiniadalahmenengahdarifaktoreksternalperusahaan, artinyamasihbanyakperusahaan agar lebihmengoptimalkanpeluanguntukmeminimalkanancaman yang ada. (3) Hasilmatriks IE menunjukanposisi CV. SUKSES MAKMUR JAYA saatiniberadapadaKuadran 1haltersebutmerupakansituasi yang sangatmenguntungkandimanaperusahaanmemilikipeluangdankekuatan yang sangatbaik. Strategi yang harusditerapkandalamkondisiiniadalahmendukungkebijakanpertumbuhan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-26
How to Cite
MunifB. (2019). PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN KAOS GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT (StudiKasus :(CV. SUKSES MAKMUR JAYA). Jurnal Valtech, 2(2), 20-29. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/1469