PENGARUH KUALITAS PRODUK, FITUR DAN DESAIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEBEL PADA PT. ANUGERAH PUTRA SIANTAN
Abstract
Saat ini persaingan bisnis mebel (furniture) relatif ketat.Setiap produsen harus dapat memberikan produk dengan kualitas terbaik, sehingga konsumen puas, konsumen bersedia merekomendasikan kepada orang lain untuk membeli produk perusahaan. Keputusan pembelian adalah pemilihan dua atau lebih pilihan alternatif konsumen dalam pembelian. Jika konsumen memiliki pilihan antara melakukan pembelian dan tidak melakukan pembelian atau opsi untuk menggunakan waktu, konsumen berada dalam posisi untuk mengambil keputusan. Berdasarkan data, rata-rata penjualan furnitur PT. ANUGERAH PUTRA SIANTAN mengalami penurunan sebesar 9,77%. Penurunan tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kualitas produk, desain dan fitur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, desain dan fitur dari keputusan pembelian furniture. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli furniture pada PT. ANUGERAH PUTRA SIANTAN, Jl. Petung Wulung, Toyomarto, Singosari, Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 konsumen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis menggunakan SPSS 24.0 menunjukkan bahwa: Kualitas produk terbukti signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Fitur terbukti signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Desain terbukti signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian