EVALUASI RANTAI PASOK MENGGUNAKAN PERHITUNGAN BULLWHIP EFFECT PADA PRODUK SPRINGBED DI RITEL ARDHIE PUTRA FURNITURE
Abstract
RitelArdhie Putra Furniture menjual berbagai macam produk rumah tangga terutama springbed dengan berbagai merek seperti Kyodo, Bigland, Central, American, Elite dan Indohome. Permasalahan yang terjadi pada Ritel Ardhie Putra Furniture adalah terjadinya distorsi informasi pada data order ke distributor dan data penjualan ke konsumen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar nilai tertinggi bullwhip effect yang terjadi. Dari hasil perhitungan didapatkan nilaibullwhip effect tertinggi pada setiap produk springbed yaitu Kyodo (1,2736), Bigland (1,3287), Central (5,1863), American (2,0942), Elite (2,8507), Indohome (1,7119). Hasil analisis faktor penyebab bullwhip effectimeliputi demand fluctuation, order batching dan price fluctuation. Serta usulan perbaikan guna mengatasi bullwhip effect adalah pengurangan lead time, menciptakan stabilitas harga, information sharing.