KUALITAS PELAYANAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DHAHA KOTA KEDIRI DENGAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

  • Andy Arnanta Marantika Teknik Industri ITN Malang
Keywords: Kualitas Pelayanan, Service Quality, Importance Performance Analysis, Kepuasan Masyarakat Pelanggan.

Abstract

PDAM Tirta Dhaha Kota Kediri adalah perusahaan yang bergerak di bawah wewenang Pemerintah Daerah.PDAM Tirta Dhaha memiliki permasalahan pada  kualitas pelayanan seperti operasi pompa, air keruh, pipa bocor, dan sebagainya.Penelitian inimelakukan analisis dengan pengukuran kualitas pelayanan jasa menggunakan metode Service Quality dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisa dengan  metode Service Quality diperoleh nilai -0,94 yang menunjukan bahwa kepuasan pelanggan dapat dikatakan kurang baik karena memiliki nilai bertanda negatif. Sedangkan hasil dari analisa metode Importance Performance Analysis didapatkan 3 atribut yang menempati kuadran A.Di mana pada kuadran Amerupakan kuadran yang harus diperhatikan karena keberadaannya sangat penting namun diperoleh kinerja karyawan rendah. Tiga atribut tersebut yakni pompa PDAM Kota Kediri bisa dihandalkan dalam memproduksi air selama 24 jam, penaganan PDAM Kota Kediri terhadap keluhan masyarakat pelanggan yang cepat, dan petugas PDAM Kota Kediri bisa mengendalikan suasana dilokasi keluhan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-18
How to Cite
Marantika A. A. (2019). KUALITAS PELAYANAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DHAHA KOTA KEDIRI DENGAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Jurnal Valtech, 1(1), 176-180. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/198