PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI HOME INDUSTRI BATIK TULIS CELAKET MALANG

  • Mochamad Arief Ardiansyah Teknik Industri ITN Malang
Keywords: Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan di Home Industry Batik Tulis Celaket Malang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada data tingkat presensi dan penilaian kinerja yang buruk.

Kinerja karyawan di Home Industry Batik Tulis Celaket Malang masih harus ditinggkatkan lagi. Dilihat dari kinerjanya karyawan menunjukan menurunnya jumlah produksi sehingga perlu dikaji faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan.

Langkah penelitian dimulai dengan observasi lapangan, studi kepustakaan,  kemudian membagikan kuesioner, analisis data dan penarikan kesimpulan yang dilaksanakan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Menggunakan 40 responden karyawan Home Industry Batik Tulis Celaket Malang. Dianalisis dengan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, dan Uji T.

Dari hasil penelitian, ditetapkan bahwa gaya kepemimpinan dan motivasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah produksi dengan nilai koefisien determinasi sebesar 20% dan sisanya 80% dipengaruhi oleh indikator lain. Dan dapat diketahui variabel yang berpengaruh signifikan adalah gaya kepemimpinan dari hasil pengujian secara statistik T Hitung -2.511 dengan tingkat signifikan 0,017 < 0,05

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-18
How to Cite
ArdiansyahM. A. (2019). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI HOME INDUSTRI BATIK TULIS CELAKET MALANG . Jurnal Valtech, 1(1), 214-218. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/212