ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA SEPATU BREMEN FOOTWEAR DI BANDUNG

  • Devita Permatasari Mambor Teknik Industri ITN Malang
Keywords: Bremen Footwear, Studi Kelayakan, Aspek – Aspek Studi Kelayakan

Abstract

Bremen Footwear merupakan usaha yang bergerak di bidang industri pembuatan sepatu, dan berdiri selama 2 tahun. Penelitian  ini bertujuan untuk menganalisis keadaan finansial dan non finansial Bremen Footwear, di  Ciganitri Mukti No 38 RT 04 RW 05 Kelurahan Cipagalo Kecamatan Bojongsoang Bandung. Data diperoleh melalui wawancara langsung dengan pemilik usaha. Peneitian ini dilakukan pada bulan April – September 2017. Metode yang digunakan  yaitu aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek hukum, serta aspek finansial dengan perhitungan kelayakan investasi berupa Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), dan Payback Period (PP).

Bremen Footwear merupakan usaha baru yang didirikan dengan modal sendiri sebesar Rp.50.000.000. Hasil analisis pasar dan pemasaran cukup baik dilihat dari jumlah permintaan setiap bulannya yang dilakukan dari bulan April – September 2018 dengan total permintaan sebesar 589 produk sedangkkan jumlah produk yang dapat dijual hanya sebesar 466 produk. Dimana masih ada selisih 123 produk yang belum bisa terpenuhi. Analisis teknis dan teknologi menunjukkan bahwa mesin yang digunakan dalam produksi sepatu sudah canggih namun masih perlunya penambahan mesin. Analisis aspek hukum menunjukkan bahwa kurang  adanya perizinan yang jelas dalam usaha ini. Analisis finansial didapatkan hasil Net Present Value (NPV) sebesar Rp 64.403.983, Internal Rate of Return (IRR) sebesar 45,03% dan Payback Period (PP) 2 bulan 3 minggu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-18
How to Cite
MamborD. P. (2019). ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA SEPATU BREMEN FOOTWEAR DI BANDUNG . Jurnal Valtech, 1(1), 224-229. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/217