PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PERUSAHAAN DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN ANALISIS FAKTOR DI PERUSAHAAN RADIO PT. SUARA TIDAR SAKTI KOTA BATU

  • Denis Risantono Teknik Industri ITN Malang
Keywords: Radio, Analisis SWOT, Analisis faktor

Abstract

  1. Suara Tidar Sakti merupakan perusahaan yang bergerak dibidang media, yaitu dalam bidang penyiaran radio, dimana iklan sebagai sumber pendapatan utamanya. Dari data yang diperoleh, PT. Suara Tidar Sakti ternyata tiap bulannya mengalami penurunan jumlah pendengar dari bulan Juni sampai Agustus. Dalam hal ini PT. Suara Tidar Sakti harus selalu mengembangkan produk yang dimilikinya agar tetap dapat mempertahankan jumlah pendengar yang secara langsung akan mempengaruhi jumlah iklan yang dipasang oleh sponsor. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan analisis menggunakan metode Analisis SWOT, yaitu untuk mengetahui segala kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Tidar Sakti FM berada pada kuadran I yaitu kuadran Aggressive dimana perusahaan bisa memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada. Akan tetapi kelemahan ( Weakness ) dan ancaman ( Threats ) yang ada tetap harus diperhatikan. Oleh karena itu strategi yang harus dilakukan perusahaan adalah Marketing Mix 4P (Product, Price, Place and Promotion). Dan Faktor yang paling mempengaruhi Tidar Sakti FM adalah Faktor Strength Internal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-18
How to Cite
RisantonoD. (2019). PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PERUSAHAAN DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN ANALISIS FAKTOR DI PERUSAHAAN RADIO PT. SUARA TIDAR SAKTI KOTA BATU . Jurnal Valtech, 1(1), 242-250. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/222