USULAN PENEMPATAN TENAGA KERJA CLEANING SERVICE BERDASARKAN BEBAN KERJA MENTAL DI RUMAH SAKIT X

  • Ade Kurniawan Teknik Industri S - 1,Institut Teknologi Nasional Malang
  • Fourry Handoko Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Emmalia Adriantantri Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Penempatan Tenaga Kerja, Beban Kerja Mental, RSME

Abstract

 

Penempatanrhtenaga kerja yang tepat dan sesuai dengan kemampuan pekerja mampu memberikan dampak baik bagi perusahaan sehingga pekerja dapat bekerja secara optimal. Dampak penempatan kerja yang kurang sesuai dapat menimbulkan beban bagi pekerja baik secara mental seperti yang dialami oleh pekerja Cleaning Service di Rumah Sakit X sehingga menyebabkan pekerjaan menjadi tidak optimal dan menimbulkan berbagai komplain pengunjung Rumah Sakit yang mengarah kepada kebersihan Rumah Sakit. Dalam hal ini pihak Rumah Sakit X harus memperhatikan beban kerja karyawan Cleaning Servicenya, sehingga dapat dijadikan langkah penyelesaian masalah beban mental karyawan Cleaning Service guna kinerja yang lebih baik.

       Penelitian ini menggunakan pengukuran beban kerja mental dengan metode RSME berskala tunggal yang dilakukan dengan pemberian tanda pada skala dengan nilai tertentu pada kuisioner yang dibagikan untuk mengetahui besar usaha yang dilakukan Cleaning Service terhadap pekerjaannya setelah itu dapat digunakan untuk menentukan penempatan kerja serta penentuan kegiatan kerja masing-masing pekerja.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa beban kerja mental yang dirasakan Cleaning Service saat menyelesaikan pekerjaan sebelum dilakukan penempatan terhitung lebih tinggi karena ditempatkan pada pekerjaan yang bukan bidangnya dan menyebabkan produktivitas kerja menurun atau pekerjaan kurang optimal sehingga diberikan usulan mengenai 7 jenis pekerjaan yang harus diselesaikan pada shift pagi yang ditentukan melalui seberapa dampak yang akan dirasakan oleh para pengunjung saat pekerjaan itu terselesaikan diantaranya   kegiatan membersihkan lantai dan halaman oleh pekerja 6 dan 12, memungut sampah medis oleh pekerja 12, mengambil seluruh sampah domestik oleh pekerja 11, mencuci tempat angkut sampah oleh pekerja 4, membersihkan sarang laba-laba oleh pekerja 11, membersihkan kamar mandi dan wastafel oleh pekerja 6 dan membersihkan ruang rawat inap oleh pekerja 4 yang bertujuanuntuk mengurangi tekanan beban kerja mental yang dirasakan Cleaning Service dan mencapai hasil kerja optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-18
How to Cite
KurniawanA., HandokoF., & AdriantantriE. (2020). USULAN PENEMPATAN TENAGA KERJA CLEANING SERVICE BERDASARKAN BEBAN KERJA MENTAL DI RUMAH SAKIT X. Jurnal Valtech, 3(2), 171-176. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/2407