PENGEMBANGAN PERANCANGAN ALAT MIXING SABUN CAIR YANG SESUAI KAIDAH ERGONOMI

  • Paul Nelson Serarawani Teknik Industri S-1, ITN Malang
  • Paul Nelson Serarawani Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Mixing Sabun Cair, Pengembangan Perancangan Alat, Sesuai Kaidah Ergonomi .

Abstract

ABSTRAK

Paul Nelson Serarawani, Program Studi Teknik Industri S-1, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang, Februari 2020, Pengembangan Perancangan Alat Mixing Sabun Yang Sesuai Kaidah Ergonomi. Dosen Pembimbing: Ida Bagus Suardika dan Jr Heksa Galuh W.

 

Sabun cair merupakan produk yang menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Dapat dikatakan kualitas dari produk sabun cair yang diberikan merupakan barometer penting yang harus diperhatikan dan dipenuhi oleh para pelaku usaha agar tetap eksis dalam persaingan yang sehat tentunya. Banyak  sekali upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan terhadap aspek-aspek kualitas produk. Salah satunya adalah dengan memberikan pilihan berbagai alternatif produk terhadap pemenuhan kebutuhan dan permintaan konsumen. Riset dan pengembangan dalam internal usaha  mikro kecil menengah (UMKM) sangat diperlukan dalam pengembangan mesin. Berikut ini merupakan mesin mixing sabun pencuci piring dengan waktu 29 menit yang dirancang oleh mahasiswa teknik industri itn malang, hasil skripsi (Haryono, 2019) untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada tahun 2019. Dari alat tersebut masih terdapat kendala atau masalah, waktu proses masih lama, daya masih besar, masih ada beban torsi 11lb, hasil mix belum maksimal masih ada endapan dan wadah yang mudah karatan sangat mempengaruhi kualitas produk. Yang mana masalah tersebut menjadi acuan dalam pengembangan alat tersebut melalui skripsi ini agar lebih baik kedepannya dalam menopang UMKM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau konsumen.

 

Kata Kunci : Mixing Sabun Cair, Pengembangan Perancangan Alat, Sesuai Kaidah Ergonomi .

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-19
How to Cite
SerarawaniP. N., & SerarawaniP. N. (2020). PENGEMBANGAN PERANCANGAN ALAT MIXING SABUN CAIR YANG SESUAI KAIDAH ERGONOMI. Jurnal Valtech, 3(1), 75-83. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/2454