USAHA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN SERVQUAL PADA PUSKESMAS MOJOWARNO

  • Yonas Tegar Yudhistira Teknik Industri S-1 Institut Teknologi malang
  • Dayal Gustopo Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ida Bagus Suardika Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: SERVQUAL, Importance-Performance Analysis (IPA), Peningkatan

Abstract

Puskesmas Mojowarno merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang di sedikan pemerintah kepada masyarakat, disni masalah yang dapat di ambil adalah Menurut pendapat pasien dan keluarga pasien pada Puskesmas Mojowarno sebagai pengguna jasa layanan permasalahan yang sering terjadi adalah pada fasilitas pendukung dan pelayanan, dalam hal ini peningkatan kualitas peayanan diukur  dengan menggunakan metode SERVQUAL untuk Mengukur kualitas pelayanan Puskesmas Mojowarno sesuai lima demensi dan ditambah dengan metode Importance-Performance Analysis (IPA) untuk Mengusulkan prioritas perbaikan kualitas pelayanan Puskesmas Mojowarno dengan metode. Dari perhitungan metode SERVQUAL di dapat Gap dimensi yaitu : Pada dimensi tangibles (Sarana Fisik) memiliki nilai GAP negatif sebesar -0,054, Pada dimensi reliability (Keandalan) memiliki nilai GAP negatif sebesar -0,043,  Pada dimensi responsiveness (Ketanggapan) memiliki nilai GAP negatif sebesar -0,121, Pada dimensi assurance (Keyakinan/Jaminan) memiliki nilai GAP negatif sebesar -0,150, Pada dimensi emphaty (Kepedulian) memiliki nilai GAP negatif sebesar -0,051. Secara keseluruhan Puskesmas Mojowarno dikatakan tidak berkualitas atau tidak sesuai dengan harapan atau keinginan dari Pasien sebagai pengguna jasa. Pada tahap Importance-Performance Analysis diperoleh hasil yakni dimensi yang harus diprioritaskan untuk perbaikan kualitas pelayanan ada dua yaitu pada kuadaran A (1) Keadaan ruang pengobatan memenuhi kebutuhan pasien dan (8) Dokter memberikan informasi yang jelas dan mudah di mengeri bagi pasien dan keluarga pasien.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-16
How to Cite
Tegar YudhistiraY., GustopoD., & Bagus SuardikaI. (2020). USAHA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN SERVQUAL PADA PUSKESMAS MOJOWARNO. Jurnal Valtech, 3(2), 5-10. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/2663