OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI MENGGUNAKAN LINIER PROGAMMING DAN PERENCANAAN BAHAN BAKU DI CV.WIDI KAUZA

  • Dhawam Yuangga Azhari Teknik Industri S-1, ITN Malang
  • Emmalia Adriantantri Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sujianto Sujianto Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Peramalan, Economic Order Quantity, Linier Progamming

Abstract

Cv. Widi Kauza memproduksi produk hasil limbah plastik seperti gantungan baju, pasak pollybag, galon dan produk berbahan dasar limbah plastik lainnya. Pada tiap produksi ini CV. Widi Kauza memiliki masalah dalam hal fluktuasi permintaan yang tidak menentu dari beberapa perusahaan lain. Perlu dibuat suatu  model untuk menentukan tingkat persediaan bahan baku yang optimal berdasarkan produksi optimal setiap batch untuk setiap produk yang ada. 

Penelitian ini menggunakan metode Peramalan guna untuk meramalkan produksi untuk periode produksi yang akan datang juga metode Economic Order Quantity yang berguna untuk mengoptimalkan pemesanan bahan Perlu dilakukan perencanaan produksi yang baik agar dapat memanfaatkan sumber daya yang ada. Perlu dilakukan perhitungan untuk perencanaan produksi yang baik agar dicapai solusi untuk mendapatkan biaya produksi yang minimum, oleh karena itu digunakan metode Linier Progamming.

Berdasarkan hasil penelitian Jumlah peramalan permintaan yang didapat pada metode peramalan Exponential Smoothing untuk periode yang akan datang yaitu pada produk hanger sebesar 87588, pada produk pasak sebesar 3360, pada produk aksesoris helm sebesar 83446 dengan pemesanan bahan baku yang optimal untuk produksi yang akan datang untuk semua produk yaitu sebanyak 3 kali.

Jumlah produksi produk Hanger sebanyak 87588 unit, produksi produk Pasak sebanyak 3360 unit, dan produksi produk Aksesoris Helm sebanyak 83446 unit dengan biaya produksi optimum yaitu sebesar Rp. 261.591.00

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-18
How to Cite
Yuangga AzhariD., AdriantantriE., & SujiantoS. (2020). OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI MENGGUNAKAN LINIER PROGAMMING DAN PERENCANAAN BAHAN BAKU DI CV.WIDI KAUZA. Jurnal Valtech, 3(2), 200-204. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/2696